20110402

budaya amerika.....

Penduduk Asli Amerika

Thursday, March 24th, 2011
Kalau kita berbicara tentang penduduk asli yang telah hidup dan berkembang di Amerika Utara, maka mereka telah ribuan tahun ada sebelum Amerika Serikat terbentuk. Secara historis, telah ditemukan bahwa ada sekitar 500 bahasa asli berbeda yang digunakan di Amerika Utara.
Nama indian digunakan secara tradisional dalam budaya Amerika dan sejarah yang ada di dalamnya. Istilah ‘penduduk asli’ menjadi populer beberapa lama kemudian, tetapi keduanya umum digunakan saat ini dan tidak harus dipertimbangkan mana yang lebih baik dari yang lain, meskipun masing-masing orang memiliki opini pribadi.
Berbicara tentang sejarah penduduk asli, tak bisa dilupakan ketika orang Eropa pertama kali datang ke Amerika Utara pada abad ke-16 dan 17, ada sekitar sepuluh juta orang indian yang mendiami negara ini.
Hal ini diyakini bahwa penduduk asli Amerika pertama tiba pada zaman es terakhir, sekitar 20.000 – 30.000 tahun yang lalu dan bahwa mereka datang melintasi timur laut Siberia ke Alaska. Suku Indian yang telah masuk dalam dokumentasi sejarah sebagai budaya tertua di Amerika Utara adalah Sandia, Clovis dan Folsom. Nama indian pertama kali diberikan oleh christoper colombus yang memiliki kepercayaan keliru bahwa daratan dan pulau-pulau di Amerika adalah bagian dari Hindia, di Asia. Sejarah Indian merupakan bagian kecil dari sejarah asli Amerika dengan pengetahuan mengenai fakta-fakta seputar penduduk asli Amerika, tempat-tempat yang mereka huni dan mata rantai dari legenda budaya mereka yang berbeda, karya seni serta kerajinan, ilmu pengetahuan dan kecintaan mereka terhadap alam.
Walaupun kebebasan cara hidup kuno mereka telah hilang, agama, budaya, legenda, dan semangat indian Amerika akan selalu bertahan. Kita bisa mempelajari lebih lanjut tentang suku-suku Apache, Cheyenne, Cherokee, Blackfoot, Lakota, dan indian Pueblo. Baca juga tentang legenda penduduk asli amerika, pemimpin (seperti Geronimo), pahlawan, dan pertempuran besar. Serta pahami kepercayaan-kepercayaan dari indian Blackfoot dan Cheyenne serta latar belakarang cerita rakyat Navajo, sehingga kita bisa lebih mengerti akan budaya Amerika yang dahulu pernah ada di benua ini.

American Cowboy

Monday, March 14th, 2011
Cowboy adalah seorang penggembala pada zaman tradisi Amerika Serikat dulu. Pada awalnya cowboy kebanyakan orang Indian dan Meksiko namun berkembang luas ke orang Amerika Serikat. Cowboy dapat dibilang merupakan profesi tersendiri dan memang memerlukan keterampilan khusus. Untuk menjadi cowboy harus terampil dalam menunggang kuda dan rodeo. Selain itu, keterampilan seperti menembak dan menggembalakan ternak juga penting.
Seorang cowboy biasanya memakai celana kulit. Selain itu, mereka memang memiliki peralatan yang khas yakni sepatu cowboy dan topi cowboy. Sepatu cowboy merupakan sepatu yang panjangnya sampai lutut dan menutupi celana jins. Sepatu cowboy memang kokoh dan gagah sesuai dengan pekerjaan menunggang kuda dan menggembalakan ternak. Selain itu, sepatu cowboy juga terbuat dari bahan yang kuat untuk menunjang aktivitas cowboy yang aktif. Selain sepatu, topi cowboy juga menjadi perlengkapan yang penting. Fungsi utamanya tentu melindungi kepala dari sinar matahari terlebih seorang cowboy memang bekerja di lapangan, di ladang dan mengembara. Topi cowboy memiliki tepi topi yang lebar supaya lebih melindungi dari sinar matahari. Selain itu, topi cowboy biasanya dibuat dari bahan yang tahan air dan memiliki pita penahan keringat.
Pada zaman dulu, para cowboy suka melintas di wilayah Oklahoma dari negara bagian Texas. Para cowboy ini diupah untuk bertugas menggiring ternak dari wilayah Texas di selatan Oklahoma menuju ke utara yakni daerah Kansas. Oleh sebab itulah, cowboy identik dengan daerah Texas. Binatang ternak tersebut pada akhirnya akan dijual ke wilayah timur dengan memakai jasa kereta api. Pada masa kemunculan cowboy, banyak pula bandit yang mencoba merusak ketentraman warga dengan mencuri dan merampok karena pada masa ini penegakan hukum memang rendah.
Hal lain yang menjadi khas cowboy di Amerika Serikat adalah rodeo. Rodeo merupakan olahraga keterampilan yang lahir dari keterampilan berternak. Rodeo sering dijadikan kompetisi oleh para cowboy untuk menunjukkan keterampilan dalam menunggangi ternak termasuk banteng, mengikat tali dan melemparkan ke hewan ternak, menunggangi sadel, dan menjalani balap. Rodeo memang merupakan keterampilan yang diperlukan oleh seorang cowboy sejati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar